Rabu, 24 September 2008

Electronic Commerce

Apa itu E Commerce

Electronic commerce adalah pertukaran data bisnis antara komputer mitra dagang tanpa campur tangan manual.
Semua bentuk komunikasi bisnis terdiri dari 3 bagian yaitu
1. Dokumen bisnis (purchase order, invoice, shipping notice)
2. Format data (order form)
3. Metode pengiriman/transportasi (USPS, email, Internet)

E commerce terdiri dari beberapa bagian
1. Transaksi bisnis dibangun dan diproses dengan software aplikasi bisnis
2. Format data distandarisasi, diterjemahkan ke format dasar, antara pengirim dan penerima sehingga data dapat diidentifikasi secara akurat oleh kedua software aplikasi mitra bisnis
3. Data dikirimkan secara elektronik dari aplikasi pengiriman ke aplikasi penerimaan tanpa ada proses manual
4. Terdapat manfaat penting di kedua belah pihak, dalam kecepatan, ketelitian data dan menurunkan biaya operasi atau transaksi tunai.

Contoh penerapan E-Commerce
Gambaran umum perusahaan baru
Company name : Paper-e-Site.com (July, 2000)

Sasaran/tujuan perusahaan
Pembelian dan penjualan kertas dan paperboard sebagai bahan baku menuntut perhatian untuk langkah pendistribusian, yang mencakup pengendalian mutu dan persediaan yang stabil. Menjawab datangnya globalisasi dari perdagangan kertas dan paperboard yang akan datang dibutuhkan peningkatan efisiensi distribusi sehingga memudahkan kenyamanan pemakai.

Perusahaan akan meningkatkan efisiensi distribusi dari pemesanan produksi dan penjualan, dengan membangun sistem pemesanan yang cepat di internet. Hal tersebut akan merangsang pasar melalui perluasan bisnis yang lebih memprioritaskan pada kenyamanan individu pemakai di atas semuanya, dan berperan lebih lanjut untuk mempercepat paper pulp industry.

Dalam hal ini perusahaan akan membuat website tentang produk mereka dimana web tersebut dapat di akses oleh semua orang, namun untuk melakukan transaksi hanya dapat dilakukan oleh orang atau perusahaan yang telah terdaftar di web mereka.

Website berfungsi memberikan informasi yang berhubungan dengan bubur kertas yang lengkap
terkait dengan industri dan berita produk baru, pembuatan barang-barang dengan maksud yang sangat berharga untuk para pemakai.

0 komentar: